Wednesday, June 17, 2009

Photography is a piece of cake ?

Dari dulu, aku selalu bingung, apa sih susahnya moto ??
Napa musti pake camera manual segala sih, kan repot settingnya,
terus napa musti pake lighting khusus segala, kan udah ada flash di camera digital.
Selama ini, tugas jadi "family photographer" selalu sukses n lancar aja, hasilnya bagus bagus kok.
So, ngapain ngambil Photography class segala ?

Well, kemarin ini, aku mau nyoba foto sepatu di rumah, ceritanya lagi nganggur terus iseng.

jadi critanya gini :
*ambil sepatu*
*atur letak sepatu di atas meja*
*mikir : kok mejanya jelek ya*
*ambil taplak*
*taruh sepatu di atas taplak*
*kemaren sepatunya baru buat jogging keliling komplek, maap bu, ntar taplaknya tek cuci, tapi ntar yo*
*mulai ceklik ceklik*
*liat hasil di LCD camera*
*mikir : hmmm.... kok ada yang bagus, ada yang gelap, ada yang blurry ya*
*tingkatkan strategy*
*tambahin lampu belajar biar tambah terang*
*tingkatkan ISO 100 ke ISO 200*
*jepret jepret*
*halah.. hasilnya too bright... dodol nih*
*matiin lampu belajar, setting camera ke ISO 400*
*mmm... hasilnya kurang memuaskan, maklum perfectionist* hoho
*survey rumah, mao pindah lokasi*
*mmm... kyknya need natural lighting nih... cieh... move outdoor*
*geret meja beserta taplak n sepatunya ke luar*
*atur posisi jemuran baju , supaya gak ke foto*
*camera masih ngegantung di leher, susah ya beberes sambil ngatur supaya camera gak kejeduk jeduk*
*mikir : kayaknya butuh assistant photographer nih*
*manggil si ucrit, tetangga sebelah*
*crittt.... sini crittt.... bantuin gua dong... cepet sini* ---> *bakat diktator*
*ucrit melarikan diri*
*ya udah... i'm independent...*
*mulai foto-foto sepatu*
*sesekali foto jemuran baju, kok lecek amat ya*
*foto jempol kaki juga*
*mikir : kyknya perlu beli sendal jepit baru nih*
*cape*
*cek hasil foto-foto di dalem rumah*
*uugghh... eyes need adjustment... ga kliatan, di depan tadi terlalu silau*
*pindahin ke laptop*
*grabak grubuk cari cable usb-nya*
*finalmente, mmm.... nice shot juga.... bakat juga nih gue*
*tapi oh tapi.... kok kebanyakan hasilnya kurang bagus ya ?*
*cek ulang , gak percaya kalo hasilnya 70% ga kepake* ---> si dodol
*ternyata oh ternyata....memang ada yang hasilnya oke, tapi banyakan hasilnya perlu di edit di photoshop*
*kesimpulan : .............*
*berdiam diri*
*lha kok diem*
*ternyata, kesimpulannya :.... gua memang berbakat saudara saudara, HAUERHAUHRAI* ---> emang "setengah"
*mikir : tapi kok kayaknya butuh professional help nih*
---> not the psychiatric kind of help, tho

jadiii......... ternyata hasilnya masih bisa ditingkatkan hohohoho, tadi jepret-jepret itu kebanyakan coba-coba-nya.
coba kalau dah tau feature ini untuk apa, atau technique X bisa ngehasilin effect apa, ga banyak buang waktu buat experiment.
Tapi jangan salah, banyak juga kok fotografer terkenal mulai dari experiment dan nanya-nanya, atau kamu bisa nyari-nyari info di internet tentang photography technique, banyak kok infonya. Tapi kalau kamu emang serius sama yang namanya fotografi, napa gak coba ngambil kursus fotografi.
Semuanya terserah kamu kok.... tapi apapun yang kamu pilih.... inget kata oom Steve Jobs "Stay Hungry, Stay Foolish" jadi kamu gak cepet puas dan terus belajar :)
(nj / SanggarSeni.com)


oiya, bu... ibuuu......ntar tulung cuciin taplaknya ya..... maap kotor....
mo belajar dulu nih, besok ujian *alesan*
emang surga di telapak kaki ibu ya ... hahaha
*kok ketawa*

1 comments:

addakhil said...

upload dong hasil jepretane..xixixi

Related Posts with Thumbnails