Wednesday, June 17, 2009

Feature Designer - Cocomomo

Kamu udah pernah denger tentang Ayang Cempaka ?
well, she's the talented girl behind Cocomomo designs.



She does custom handmade designs :
tote bags, dompet passport, diaper bags, tas laptop, ransel notebook, handbags, purse, lunch tote, brush roll make up case, backpack, messenger bag, and well, bras. :)
Woww banget kan ?

Cocomomo juga ada blog-nya lho n disitu kamu bisa tau proses desain sebuah tas dari sketsa sampai barang jadinya, atau kamu bisa browse etsy shop-nya Cocomomo, jadi kamu kamu dan kamu yang di luar negri, bisa langsung order desainnya Cocomomo.

Dan yang terutama, jeung Ayang Cempaka ini, dari Yogyakarta lho.... iya betul, ho oh... Jogja, Indonesia..... :) bikin bangga yaa...


Gak cuma nge-desain bagian luar tas-nya doang, tapi semua detailnya juga diperhatiin, Liat deh foto2nya di bawah, bagian lapisan dalem tas-nya juga dipilih supaya matching sama bagian luarnya, terus ada label-nya juga lho. Terus Ayang juga sekalian jadi 'model' kalo lagi foto-foto produk-nya.

Gemana sih proses terbentuknya Cocomomo ?
Well, Ayang Cempaka itu sebenernya lulusan Arsitektur, sempet kerja, tapi karena gak betah kerja dari jam 8 pagi sampe jam 4 sore tiap hari, akhirnya resign n nganggur, terus gak tau musti ngapain n apa nantinya tujuan hidupnya....

Tapi..... Ayang selalu "Dream about having my own studio, doing business at home while I rise my lovely children, again...and again."

Jadi supaya mimpinya jadi kenyataan, Ayang mulai dari nol, kemampuan menjahitnya waktu itu, katanya "boro boro" :). Kalau computer graphic , sama juga, ditambah lagi Ayang nggak terlalu dapat support dari keluarga, "they tought, she's supposed to be an architect, and not being 'buruh tekstil'." Sifat "malas" dibuang jauh-jauh, Modal awal juga cuma Rp. 800.000,-. Dan sekarang, She's now living her dream in the making.

Setelah setahun, Cocomomo dikasih kesempatan yang lebih banyak. Beberapa tawaran bisnis bareng dan buka toko, yang which is setahun lalu blas sama sekali nggak pernah terbayangkan.

Ini cuplikan interpiu SanggarSeni.com sama Ayang Cempaka :

Hi Ayang :)
Biasanya kan desainer itu suka begadang ngerjain project, nah kalau kamu ? :) Bisa share tentang what's your typical day like ?
Biasanya aku tidur diatas jam 11 malem, ngerjain gambar dan jahit! haha.... karena gak terikat sama jam jadinya bebas mau jam berapa aja. Bangun tetep gak bisa lebih dari jam 5.30 (yes, i'm an AM person), dan suka kerja pagi2 . Mungkin karena kebiasaan di keluarga ya... karena penjahitnya masih freelance biasanya sebelum jam 7 pagi aku keluar buat kontrol,
Kalau mau beli bahan pagi2 jam 8--9 pagi, karena beli bahannya juga gak deket. baru deh habis itu bisa kerja sampai kapan terserah aku.





Kamu desain gambar2nya biasanya pake software apa ? Proses desain-nya gemana ?
Aku biasa desain langsung di coreldraw. I'm not expert at all. Sungguh! I dont even know how to use Photoshop, nor coreldraw dengan keren bgt. Majorku arsitek, jadi lebih expert gambar di autocad. Pernah di awal2 dulu, saking bingung pakai corel, aku pakai autocad buat gambar bentuk tasnya ;)) Tadinya ya jelas cuma corat-coret di kertas doang.

Gemana cara kamu handle "all the lil bugs along the way" ?
Hhmm... Nggak sekali dua kali kerjaanku diremehkan. Paling sering complain soal ketepatan waktu. Dan paling gemes kalau ada penjahit yang belum apa2 bilangnya nggak bisa tanpa dicoba dulu.
Waktu desain dicuri orang, yg notabene penjahit freelance kesekian-ku, ya sudah. Kesel pastinya n terpaksa produksi dibatalkan.
Well, kalau nggak ada noda, ya nggak belajar bukan?



Pertanyaan klasik. What are your goals and How do you see yourself and your designs in the future ? :)
Dari dulu cita2ku kerja dirumah, punya studio sendiri. I love what I do, makanya aku selalu berusaha ngasih yg terbaik buat customerku. Aku memlih bahan terbaik yg bisa kutemukan, i put my soul into my designs, supaya mereka merasakan kecintaan yg ada dalam setiap proses membuatnya. I made them with love and care.
Goalnya, aku pengen cocomomo ada di (cukup) satuuuuu aja butik handmade di setiap negara, such as Singapore, London, Paris, NewYork, Jepang, Milan. hahahaha...mimpi boleh dong!
But in near future, aku pengin cocomomo nggak dipandang sebelah mata oleh orang indonesia sendiri. Ini produk lokal orisinal yang pantes dihargai.

Pesan kamu untuk temen2 yang baru mau mulai berkarya, tapi takut mulai atau bingung mau mulai dari mana. :)
Penting untuk memiliki mimpi. Imajinasikan, lalu wujudkan. Klise memang, tapi sungguh nggak ada yang nggak mungkin kalau ada kemauan dan usaha ;)



Cocomomo - Ayang Cempaka
http://ayang-cempaka.blogspot.com
Tel. +62 - 858 68 111 984
cempaka1202 [at] yahoo.co.id

(nj / SanggarSeni.com)
Image copyright : Cocomomo

0 comments:

Related Posts with Thumbnails