Friday, July 17, 2009

Pengalaman buruk bikin baju sama "Desainer Baju"

Pernah gak sih bikin baju, tapi jadinya error ??
huhuuhuhu.... sedih deh
dah kuar biaya, kuar waktu bulak balik fitting, mana bt lagi
ternyata bajunya jadinya jelekkk :(

Ada yang ngirim crita nih,
si Karen pernah bikin baju di Jakarta n ga puas banget deh,
gini nih critanya :

Hi SanggarSeni.com,

Aku mo sharing dikit nih ttg pengalaman nge-bt-in waktu aku bikin baju.
Ceritanya Aku lagi mo bikin gaun pesta,
setelah hunting di mall, tapi gak nemu yang kusuka n lagi bingung nyari2 mo bikin baju dimana, aku kebetulan liat iklan di majalah, alamatnya kebetulan deket rumahku n "tempat bikin baju" nya ternyata di garasi rumah "desainer"nya yang namanya M. (kayak james bond aja) ;p

ya udah... Aku rencananya mo ngeliat-liat hasil bikinan bajunya si M ini.
pas sampe.... n ngeliat2, ada 1 baju yang bagus.....
tapi kayaknya kok bikinannya rapih amat....
kemungkinan besar sih itu baju pinjaman yang mo dibikin duplikatnya.... tapi gak tau lah...

trus.... setelah nanya2 bikin baju sekitar berapa-an n ngobrol2 bentar, akhirnya niat juga bikin baju disitu.
si M juga bilang kalo tukang payetnya itu dulu kerja di seba (Sebastian gunawan), n payetnya pasti bagus.... ngebajak tukang payet ya Bu ?
Anyhoo, bikin gaun pesta gitu, ongkos jaitnya 1.5 jeti, belom termasuk kain n aksesori payet, dll kira-kira 3 minggu selesai.
trus si M juga sketsa2 beberapa desain, tapi aku gak ada yang suka, trus liat2 gambar di majalah, nemu ada yang suka.......
anyway... pokoknya jadi bikin baju lah disitu.
DP 1 juta untuk 2 baju.

kita juga sempet ke toko kain bareng, blanja kaen yang sesuai sama desain bajunya.
trus nunggu deh , aku sampe langsung bikin 2 baju lho.
2 minggu kemudian, ditelpon, katanya udah bisa fitting.

Fitting pertama :
1 dress kegedean
1 dress kesempitan banget
lah nih orang gemana sih.
dia malah nanya kalo berat badan aku naik ato enggak.
kalo aku tambah ndut kan mustinya bajunya dua2nya kesempitan. gemana sih... malah nuduh lagi...

pokoknya sering banget fitting deh...
sampe fitting yang ke berapa tau deh....
si M ini ngasih tau tukang jaitnya untuk ngebenerin dikit jaitannya, trus aku nunggu, n pas fitting lagi, ternyata rok gaun-nya dipendekin jadi sebetis, seharusnya semata kaki.
Hahhh ????
trus malah dia debat sama tukang jaitnya.
Gila kan.....
trus si M malah nawarin beliin sepatu supaya rok-nya gak kependekan.
Gila apa.... pake sendal jepit juga tetep aja tuh rok kependekan. Lagian, nawarin beli sepatu coba.
Mana letak kupnat-nya salah.
Model Roknya juga salah.

Tiap fitting, aku dah ngasih tau, ini harusnya gini-gini, dianya iya iya aja.... kayaknya ngerti banget tapi di fitting berikutnya, ngaco smua.
Walah pokoknya gawat banget deh.....

Akhirnya karena waktunya dah mepet, n baju yang satunya dah jadi (aku bikin 2 dress)
Aku bayar lunas baju yang 1 yang dah jadi (walaupun agak2 gak pas), n ditagih juga baju yang ngaco itu.
Well... aku sih bayar.... daripada ribut, total sekitar 2,6 juta kali.
Jadi baju yang ngaco itu, bayar ongkos jait n kain lah.
Tapi at least dia bilang dia mo beliin kainnya lagi n ngebenerin roknya.
tapi tetep aja aku gak niat ngambil.... gila apa.... baju ancur gitu., gak tahan lagi deh fitting disitu.... asli gak ada yang beres.

Kayaknya si M ini tipe young mommy yang gak ada kerjaan n ngambil kursus singkat ngedesain baju, terus nyari tukang jait n tukang payet, terus berani iklan di majalah n ngaku2 desainer baju. Halahhh.....

Anyway, Pas sampe rumah
aku cobain lagi baju yang dah lunas itu.
ternyata bagian dalemnya belum dijait.
pas nyoba tadi gak ngeliat kalo bagian dalemnya blum dijait.
Ancur banget kan.

Ya sudahhh.......
akhirnya tuh baju dibawa ke tukang jait langganan nyokap.
dipermak abis deh...
Akhirnyaaaa..............
total untuk 1 baju itu jadi muahal bangetttt !!!!
Kira-kira 4.5 juta kali (jadi ongkos buat bikin 3 baju, tapi hasilnya cuma 1 baju)
4.5 juta buat baju yang pertama, terus baju yang ngaco itu n buat permak baju yang pertama.
Kapok deh coba coba, lain kali kalo nemu baju yang pas, langsung beli aja deh.... huhuhuhu.....

Asli pusing bulak balik beli kain, bulak balik fitting, bulak balik ngaco.... tiap fitting, bajunya bukan tambah bener, malah tambah ngaco.
huhuhuhuhu....
yang dodol ini aku ato desainernya sih..
ya sudah lah direlakan.

Temenku ceritanya lain lagi.
Pertama dia bikin baju ama temen lamanya.
Dress pertama hasilnya bagus banget.
Dress kedua, ya gitu deh.... model beda sama desain awal, terus payetnya jelek euyyy.... akhirnya malah cuma menuh2in lemari doang.

Anyway....
gitu doang ceritanya...
cuma mo sharing uneg2 doang :)
Love,
Karen

0 comments:

Related Posts with Thumbnails