Wednesday, June 17, 2009

Milan Sládek



Seniman Pantomim Milan Sládek ini masih produktif banget deh, padahal tanggal 23 Februari 2008 kemarin ini Prof. Milan Sládek baru ulang tahun yang ke-70 lho. (www.milansladek.com)

Dan kebetulan dari tanggal 2-4 Desember 2008, ada pertunjukan Milan Sládek di Jakarta :
Salihara
Pantomim Solo Milan Sládek „Comédie humaine“
&
Goethe
Ein Leben für die Pantomime / Hidup untuk Pantomim

Bayangin deh... pertunjukan tanpa dialog, cuma mengandalkan gerakan tubuh dan ekspresi wajah, n kadang diiringi musik.
Kalo kamu mikir "kok kayaknya gampang ya" ?
Nahhh.... kita aja kalo mau kasih kode ke temen, dah pake gerak2 badan & muka, sambil komat kamit, kadang tetep aja gak nyambung. Apalagi kalo harus perform di panggung n penonton harus ngerti alur cerita pertunjukkan itu, ato bikin kita ikutan ngerasa sedih ato ketawa.
Kebayang gak gemana susahnya ?

Atau kalau kamu harus ber-pantomim jadi seekor kuda. Gemana cara kamu ber'komunikasi' ke orang lain kalo kamu itu kuda, bukan kuda poni atau sapi atau jenis mamalia lainnya ?
Gerakan tubuh / body language apa yang bisa membedakan jenis binatang tersebut dan gemana supaya orang lain langsung tahu kalo kamu lagi berpantomim jadi kuda ?

Kalau kamu dah nyobain latihan di Sanggar Teater n musti ber-pantomim ria, pasti kamu tahu deh kalau pantomim itu gak segampang yang kamu kira lho.
Kamu musti observant / merhatiin detail n kayaknya kamu musti sering2 latihan di depan kaca ya ? :)

Disini ada link Milan Sládek lagi "dandan" :), sebenernya sih ini cuplikan iklan Slovenský plynárenský priemysel (SPP) atau Slovak Gas Industry, tapi iklannya bagus juga untuk dilihat lho.
www.youtube.com/watch?v=yOrMY1ibNww



(nj / SanggarSeni.com)
Image : Milan Sládek
http://www.milan-sladek-festival.de/english/index.html

0 comments:

Related Posts with Thumbnails