Wednesday, June 17, 2009

Feature - Pabrik Cokelat-nya Antya



Kreatif banget !!!
Dat's all I can say when I first looked at her blog.
Antya bisa bikinin kamu desain cokelat, by request.
Semuanya bisa dimakan, terus liat deh Packaging-nya !!!
You'll definitely fall in love with them.
Pas banget gak sih buat kado yang unik.
Tapi, gemana makannya ya ?
sayang banget heheheh ;)

Ini liputan interview SanggarSeni.com sama Antya :

Design Cokelat kamu dan packagingnya baguss banget lho...
Ceritain dong, kok bisa "nyemplung" di dunia cokelat ?
Bisa nyemplung di dunia cokelat awalnya ya iseng2 doang..waktu sma dulu kan setiap valentine cewek2 biasanya ngasih coklat ke temen atau pacarnya,,nah aku salah satu cewe itu..tapi dari pada beli lebih special kalo bikin sendiri..jadi mulailah aku coba2 bikin coklat sendiri, belajar
basicnya yah waktu sma itu. Coklatrnya masih standar, cuma dilelehin, dicetak dan dibungkus aluminium foil.
Waktu kuliah aku bikin coklat buat cowokku waktu itu..kali ini packagingnya kuhias2.. aku beberapa kali ngasih coklat ke dia, dan kebetulan temennya ada yg liat trus minta tolong aku bikinin coklat buat dikasih ke pacarnya.
Mulai dari situ aku jadi rutin ada orderan..promosinya ya dari mulut ke mulut..dan aku mulai explore di teknik bikin coklatnya dan bikin packagingnya.

Proses Desain & Packaging !!! Ceritain dong ... :)
Biasanya aku bikin sketch sambil ngobrol2 sama clientnya..trus kalo udah oke, aku komputerisasi..aku biasa pake Adobe Illustrator..
setelah di print baru deh disulap jadi bungkus.. :)
pas awal2 bikin aku biasa ngerjain coklat dulu baru packaging..tapi jadi kesusahan sendiri nyari bungkus yg seukuran ama coklat yg kubuat..sekarang2 ini prosesnya kubalik..aku ngerjain packaging dulu, udah kebayang ukuran dan segala macemnya baru bikin coklatnya.



Biasanya kan desainer itu suka begadang ngerjain project, nah kalau kamu ? :)
Aku amat sangat sering begadang..alasannya adalah keterbatasan waktu. Kalau waktuku lebih banyak maunya sih gak pake begadang. capek soalnya keseringan begadang heheh..

Pernah gak harga beli bahan cokelat dan packaging, ternyata lebih mahal dari harga design yg dah disetujui ?
Pernah banget.., caraku ngehandle ya dengan menghitung lebih teliti di project berikutnya..yang udah lewat yah di ikhlasin aja, anggep aja buat portfolioku..dan nyenengin orang itu..heheh

Kita ngeliat kamu di TV lho !!! Ceritain dong prosesnya.
bisa di review O-Channel waktu itu kebetulan ada temen aku yg kerja di O Channel dan tau aku punya usaha bikin cokelat, ditawarin lah aku jadi bintang tamu di program Cinta sama mba Becky Tumewu. Gak lama setelah itu aku ditelpon lagi diminta isi acara profesi jakarta..aku seneng bgt jadi aku terima deh tawarannya..heheh..
Shooting Profesi Jakarta cuma 1 Hari.
dan capeee banget..aku dan krunya sama2 cape..kita shooting dari jam 11 pagi sampai jam 10 malem..
shootingnya jadi lama karena coklat yg aku bikin sempet patah gara2 kepanasan kena lampu kamera..hihihi..dan dengan sabarnya temen2 kru nungguin aku ngebenerin coklat yang patah itu..hihihi...



Di blog kamu, Kamu juga des
ign t-shirt, untuk ennea line di nanoninehouse.com
Serunyaa !!!! Apa kamu juga ikut involve di semuaprosesnya ?
Ceritain dong :)
Waaa..mampir juga ke blog ku yg satu lagi ya? terimakasih!
prosesnya itu ditawarin, kebetulan aku kenal ama yang punya nanonine, waktu itu mereka butuh desainer cewe, ya aku terima aja tawarannya..
aku terlibat di seluruh proses, mulai dari milih cutting, warna baju, bahan, nentuin tema, bikin ilustrasi, sampai jenis sablon apa yang dipakai..



Pertanyaan klasik : What are your goals and How do you see yourself and your designs in the future ? :)
my goals? hidup bahagia dunia dan akhirat bersama orang2 yang kusayangi ! :)
how i see myself and my design in the future? hmm..kedepannya aku mau lebih konsentrasi di sculpture, coklat bisa jadi salah satu medianya..ma
u punya toko coklat juga sih..biar jadi artist sekaligus pengusaha..hahahah



Terakhir,

Pesan kamu untuk temen2 yang baru mau mulai berkarya, tapi takut mulai atau bingung mau mulai dari mana. :)
jangan kebanyakan pertimbangan dan takut ini itu..
nanti malah gak mulai2..
kerjain apa yang paling kita sukai !
karena kalau kita suka, kita akan terus mendalami hal itu dan bahagia mengerjakannya.
Sesuatu yang dikerjain sepenuh hati pasti hasilnya baik :)

makasih yah SanggarSeni.com dah mau nampilin profil aku..
salam!
Antya

Thanx Antya, n All the best ya !! :)

Pabrik Cokelat - Antya Smith
http://pabrikcokelat.blogspot.com
milk_monztr [at] yahoo.com

(nj / SanggarSeni.com)
Image copyright : Pabrik Cokelat - Antya

0 comments:

Related Posts with Thumbnails