Wednesday, June 17, 2009

Ayo belajar melukis



Kamu dari dulu mau belajar lukis, tapi kok kayaknya gak bakat ngelukis, terus nanti kalo ngelukis, n hasilnya jelek, kan malu, trus kamu mikir "duh kayaknya gua memang gak bakat nih, mending gak usah ngeles lukis deh", tapi tiap ngeliat lukisan, timbul lagi perasaan pengen belajar ngelukis. Hmmm.... :) Kenapa musti malu ? Kenapa musti takut ? Kalau kamu gak pernah coba, kamu gak akan pernah tahu lho.

Nah sekarang, kamu dah yakin mau belajar ngelukis, tapi bingung ngeles lukis dimana ? perlu beli apa aja ?
Gak usah bingung kok,
Kalau kamu masih pemula, beli aja satu set cat minyak / cat akrilik / cat air / pensil warna dll
mereknya banyak, ada yang merek Reeves, Sakura, Staedtler, Faber-Castell, dll

Gak usah beli yang terlalu mahal atau yang super complete dulu, beli aja yang satu set isi 8-12 warna. Itu udah cukup kok, kan nanti cat-nya bisa dicampur untuk ngehasilin warna baru.
Untuk kuas-nya biasanya untuk cat minyak dan cat akrilik, kuasnya hampir sama, bisa merek Eterna, murah meriah.
Nah kalau untuk cat air, kuasnya yang lebih halus.
Palette lukis juga ada, di toko-toko buku seperti Gramedia, Gunung Agung biasanya lengkap kok, atau bahkan di warung deket rumah juga ada. :)
Bingung mau beli merekyang mana, well, untuk pemula, gak jadi masalah kok, beli aja yang paling kamu suka dan harganya sesuai, nanti kalau kamu makin jago dan mau upgrade perlengkapan, silahkan :)

Kalau kamu mau ngelukis, cat minyak bisa jadi pilihan, karena drying time cat minyak lama, jadi nge-blend warna di kanvas lebih gampang, tapi bau cat minyak agak menyengat, apalagi kalau mau cuci kuas, harus pake thinner.... ruangan lukis harus yang ber-ventilasi lho :)

Atau kamu bisa pilih pakai cat akrilik, gak berbau, dan bisa dicuci dengan air dan sabun, cepet kering, jadi lukisan cepet "jadi" , tapi kadang nge-blend warna di canvas agak susah karena cat-nya udah kering duluan.
Tapi semua itu bisa di-atasi kok :) ada medium / campuran khusus untuk memperlambat pengeringan atau kamu belajar teknik- nya dong ;)
Aku pribadi milih make Acrylic paint, karena aku ngelukis di kamar, jadinya kamar gak bau hehehe, dulu aku pake cat minyak, tiap abis ngelukis, sekamar bau cat uhuy.

Atau mau cat air, silahkan..... aku paling takut nih kalau pakai cat air, abisnya kalau salah gak bisa dihapus...... tapi jangan jadi takut.... semuanya pasti bisa kalau udah dipelajari, banyak juga kok yang bilang cat air itu mudah dipelajari :)



Nah, setelah tau mau pake yang mana, tinggal cari tempat ngeles-nya.
Aku saranin kamu "survey" dulu tempat kursus lukis-nya, kamu bisa telpon dulu untuk tau kapan ada jadwal ngeles lukis, lalu kamu datang dan liat karya-karya murid lain, bahkan liat karya guru lukisnya :) Seni itu kan relatif, jadi kalau kamu kurang sreg dengan style guru lukis tersebut, lebih baik kamu lihat tempat- tempat kursus lainnya.

Kalau kamu udah dapet tempat belajar lukis yang pas, perlatan lukis dah lengkap. well.... let all the Fun begin !!
So.... jangan takut untuk mulai ya :)


(nj / SanggarSeni.com)
Image copyright : SanggarSeni.com

0 comments:

Related Posts with Thumbnails